10 Tips Menulis Job Description Yang Menarik

Gambar 10 Tips Menulis Job Description Yang Menarik

Job description atau deskripsi pekerjaan menjadi fokus penting bagi perusahaan saat sedang memasang lowongan pekerjaan, karena dapat memberikan kesan pertama kepada calon karyawan. Deskripsi pekerjaan tidak hanya harus mencantumkan tanggung jawab utama, tetapi juga harus mempromosikan nilai-nilai perusahaan dan manfaat bekerja dalam tim Anda. Lalu bagaimana cara menulis deskripsi pekerjaan yang baik? Simak tips berikut ini untuk menulis deskripsi pekerjaan yang efektif.

Buat Job Description Ringkas & Jelas

  • Singkat dan menarik
  • Job description harus singkat, menarik dan memberikan gambaran tentang seperti apa perusahaan Anda. Kurangi kekhawatiran tentang aspek proses pekerjaan dan tekankan pada aspek kunci yang membuat orang tertarik dengan peran tersebut, seperti nilai yang ditanamkan oleh perusahaan.

  • Tetap sederhana dan original
  • Kami merekomendasikan untuk tidak menyalin deskripsi pekerjaan dari internet. Saat mengerjakan deskripsi pekerjaan, kita dapat memikirkan profil ideal yang berlaku untuk perusahaan kita. Keterampilan apa yang penting untuk memecahkan masalah tertentu? Kamu juga tidak merekomendasikan untuk membuat deskripsi pekerjaan terlalu panjang, membebani dengan banyak detail.

  • Perjelas keterampilan yang diperlukan dari keterampilan yang diinginkan
  • Beri tahu pencari kerja bahwa bagian persyaratan adalah seperangkat keterampilan yang diinginkan yang akan menambah nilai dan bukan harapan bahwa kandidat yang dipilih akan mahir dalam semuanya.

  • Dapatkan wawasan dari karyawan saat ini
  • Minta karyawan saat ini untuk meninjau deskripsi pekerjaan dan memberikan umpan balik tentang nada, bahasa, dan tingkat detail yang disertakan. Jika deskripsi pekerjaan Anda benar-benar mencerminkan budaya organisasi dan realitas pekerjaan itu sendiri, kemungkinan besar mereka akan menarik kandidat yang tepat. 

    Terus Update Job Description Anda

    • Gunakan bahasa yang inklusif 

    Kunci untuk mendapatkan prospek bahkan menghibur bekerja di organisasi Anda adalah untuk membangun koneksi. Langkah pertama dalam melakukan ini, dan menjangkau kumpulan kandidat seluas mungkin, adalah dengan memastikan bahasa deskripsi pekerjaan Anda inklusif dan menyoroti akses ke peluang serta lingkungan dan budaya kerja yang positif.

    • Perbarui deskripsi pekerjaan

    Perbarui deskripsi pekerjaan setiap kali Anda memposting pekerjaan atau di awal tahun. Gunakan sumber daya online dan manajer perekrutan, tetapi juga bicarakan dengan karyawan yang melakukan pekerjaan itu, untuk mengetahui apa yang telah berubah selama 12 bulan terakhir dan bagaimana deskripsi pekerjaan saat ini sejalan dengan peran mereka sehari-hari. 

    Dengarkan Pendapat Karyawan

    • Soroti bagian yang “keren” dari pekerjaan

    Iklan pekerjaan bisa lebih dari sekadar deskripsi pekerjaan yang membosankan yang mencantumkan banyak tugas. Saat memposting posisi, anggap itu sebagai peluang pemasaran untuk branding budaya perusahaan Anda. Dan seperti yang telah kami lakukan selama wawancara, berikan kandidat yang baik, buruk, dan jelek mengenai posisi ini untuk membuat pratinjau peran yang realistis.

    • Sertakan feedback dari karyawan

    Pertimbangkan untuk menyertakan feedback karyawan di bagian di akhir, lalu tantangan yang dihadapi, kisah sukses, dan tips-tips yang akan mereka bagikan dengan calon kandidat. Meskipun bagian ini tidak akan menjadi komponen faktual dan legal dari dokumen, ini akan membantu memanusiakan dan menambah warna pada peran dari sudut pandang seseorang yang telah melakukannya.

    • Buat deskripsi yang berfokus pada karyawan.

    Daripada mencantumkan lusinan tanggung jawab dan kualifikasi yang dibutuhkan dari kandidat, deskripsi pekerjaan harus ditulis untuk keuntungan kandidat. Bagaimana karyawan baru akan berkontribusi pada misi perusahaan? Apa manfaat dan fasilitas yang ditawarkan perusahaan? Bagaimana pemberi kerja akan berkontribusi pada kesuksesan karyawan? Ini menunjukkan bahwa perusahaan mengutamakan kepentingan karyawan. 


    Anda sudah mencoba tips yang mana saja? Dengan berbagai fitur yang dimiliki BukaLowongan.id mulai dari unlimited job post, custom domain, unlimited technical test, dll membuat buka lowongan dan proses rekrutmen jadi lebih mudah cepat dan akurat. Jadi tunggu apa lagi? Coba sekarang disini. Gratis!

    Source:

    https://www.forbes.com/sites/forbeshumanresourcescouncil/2021/10/29/want-to-write-a-better-more-effective-job-description-follow-these-14-tips/?sh=5e43a9c3671a

    Tags
    Tips & Trick

    Artikel Terkait

    gambar Tips Memaksimalkan Iklan Job Portal Anda

    Tips Memaksimalkan Iklan Job Portal Anda

    Job Portal tentunya tidak lepas dari iklan lowonga...

    Read More
    gambar 6 Tips Hadapi Karyawan Resign

    6 Tips Hadapi Karyawan Resign

    Saat dilanda banjir surat pengunduran diri. Sebaga...

    Read More

    Bagikan

    instagram bukalowongan instagram bukalowongan instagram bukalowongan instagram bukalowongan