Job Portal tentunya tidak lepas dari iklan lowongan pekerjaan bukan? Lalu, apakah Anda masih menggunakan Job Portal untuk mencari dan mendapatkan kandidat terbaik untuk perusahaan Anda?
Menurut riset yang dilakukan oleh Social Talent, 26% perekrut masih mengandalkan Job Portal sebagai sumber utama pencarian kandidat mereka. Namun, masih banyak perekrut yang belum memiliki skill dalam iklan pekerjaan yang efektif dan menarik. Jadi, bagaimana Anda dapat meningkatkan skill penulisan dan penyusunan iklan pekerjaan Anda? Berikut ini adalah 8 tips singkat untuk membantu Anda menyusun iklan pekerjaan dan mendapatkan kandidat terbaik.
Iklan Job Portal Harus Jelas & Mudah Dimengerti
1. Pastikan judul pekerjaan Anda mudah dimengerti
Judul pekerjaan adalah hal pertama yang akan menarik perhatian pencari kerja. Gunakan kalimat yang simple dan mudah dimengerti, agar mudah dipahami dan mereka tidak melewatkan iklan pekerjaan anda.
2. Gunakan Kalimat yang Mendukung, bukan menuntut
Artikel jurnal Bisnis dan Psikologi telah menyebutkan bahwa bahasa dan nada saat menyusun iklan lowongan pekerjaan, tidak hanya mendorong lebih banyak pelamar untuk melamar lowongan pekerjaan yang Anda buat, tetapi juga memastikan kandidat memiliki kualitas yang tinggi.
3. Sertakan informasi yang diperlukan
Berikut adalah beberapa poin yang wajib tercantum dalam sebuah iklan pekerjaan:
a. Gambaran posisi
b. Faktor pembeda posisi
c. Pengalaman, keterampilan, pengetahuan, dan kualifikasi yang dibutuhkan
d. Call-to-action
Gunakan Elemen Visual di Iklan Job Portal
4. Gunakan kata “Anda” bukan “Pelamar”
Dengan menggunakan kata “Anda” bukan “Pelamar”, hal ini akan menempatkan kandidat, di depan dan di tengah. Alih-alih tentang pelamar tanpa wajah, iklan pekerjaan sekarang tentang Anda.
5. Tambahkan gambar atau video
Menurut riset dari SoftwareAdvice.com, 51% responden mengatakan mereka akan lebih tertarik pada perusahaan dengan lowongan pekerjaan yang menggabungkan elemen visual.
Perhatikan Setiap Detail
6. Pisahkan dengan jelas skill yang dibutuhkan dan yang diinginkan
Menurut CV-Library, 55% pencari kerja merasa tidak memiliki skill yang tepat untuk melamar pekerjaan. Jika Anda tidak membedakan antara keterampilan yang dibutuhkan dan yang diinginkan, Anda berisiko membuat para pencari kerja menyimpulkan bahwa mereka tidak cukup memenuhi syarat untuk peran tersebut meskipun mereka memang demikian, dan mereka akan melewatkan melamar peran tersebut.
7. Sertakan detail gaji di iklan pekerjaan Anda
Menurut CareerBuilder, 72% pencari kerja mencari informasi gaji terlebih dahulu. Dengan rincian gaji, kandidat akan lebih tertarik. Karena mereka tahu bahwa mereka tidak membuang-buang waktu dengan melamar peran yang tidak memenuhi persyaratan keuangan mereka
8. Tambahkan kontak untuk menghubungi Anda secara langsung
Anda dapat mencantumkan kontak, seperti email dan Linkedin Profile agar kandidat dapat dengan mudah menghubungi anda secara langsung.
Bagaimana tertarik mencoba tips yang sudah kami berikan? Anda juga bisa menggunakan fitur unlimited job dan applicants slot di Bukalowongan. Agar buka lowongan jadi lebih mudah, cepat, dan akurat. Jadi tunggu apalagi? Untuk mencoba layanan kamis secara gratis klik disini untuk info lebih lanjut
Source:
https://www.socialtalent.com/blog/recruitment/10-ways-to-instantly-improve-your-job-ads